Catering Pernikahan Jakarta

Mencari Catering

Jadi setelah kemarin cek gedung pernikahan, akhirnya kami menentukan gedung yang memungkinkan untuk tamu undangan kami. Orang tua saya langsung mematok tanggal pernikahan dan membayar booking fee.

Saya tidak akan jelaskan dimana tempatnya dulu ya, biar surprise 🙂

Selanjutnya setelah dapat gedung, kami harus segera mencari vendor catering. List catering yang mau dihubungi saya dapat dari list rekanan dari gedung.

Sekedar informasi, lebih baik mencari vendor catering yang rekanan dengan gedung supaya harganya tidak terlalu jauh dengan yang rekanan.

Setelah ini saya akan mengulas beberapa vendor catering yang telah saya datangi untuk melakukan test food.

Ulasan merupakan pendapat pribadi saya, dimana tidak selalu sama dengan prefensi teman-teman pembaca ya. Silahkan mencari ulasan dari wedding blog lainnya untuk menemukan suatu kesimpulan 😉

NABILLA CATERING

Saya dan mama melakukan test food di Gedung Departemen Sosial, Jakarta Pusat. Kebetulan sedang ada acara pernikahan dengan adat Padang.

Mama sudah pernah saling kontak melalui e-mail dengan marketer-nya (nama bapaknya lupa hehehe). Jadilah kami saat itu langsung dipersilahkan mencoba makanannya.

Makanannya cukup lengkap dari menu buffet sampai menu pondokan. Dan menurut saya semua menu makanannya cocok di lidah saya. Hanya saja mama sempat kasih masukan untuk salah satu menu masakan kuahnya (aduhh lupa namanya) yang terlalu asam.

Menurut mama, kalau masakan sedikit asam, manis, asin, dan sebagainya masih bisa ditoleransi. Hanya saja kita harus agak cerewet.

Paket yang diberikan oleh Nabilla cukup menarik, karena biaya sewa gedung sudah menjadi tanggungan katering. Dan yang beda dari beberapa catering lainnya, mereka sudah menyediakan kartu undangan sesuai jumlah undangan.

Penawaran yang lainnya sih standar seperti catering lain. Mengenai harga pun, saya perhatikan berada di level menengah dan cukup terjangkau kalau sudah termasuk sewa gedung dan undangan.

Penilaian sementara: Nabilla Catering bisa dipertimbangkan. Hanya perlu cek konsistensi rasa makanan, tampilan dekorasi. Saya juga harus tanya soal make-up apakah ada rekanan lainnya dan dikenakan charge atau tidak.

WIFA CATERING

Setelah dari Nabilla, mama mengajak saya untuk pergi ke kantor marketing Wifa Catering yang terletak dekat Jalan Pemuda, Jakarta Timur. Katanya sih mama dapat informasi katering ini dari temannya dan sudah terkenal enak.

Kami pun langsung masuk ke kantornya yang seperti rumah. Di dalam ternyata sudah ada beberapa calon pengantin dan orang tua yang sedang melakukan test food.

Wifa ini menurut saya cukup bagus dalam melayani tamunya. Disediakan meja bundar yang cukup besar dan kami dipersilakan untuk mencoba makanan yang ada di ruang sebelah.

Bedanya Wifa dengan catering lainnya adalah menu makanan yang disajikan sangat beragam dan agak beda alias di atas standar. Ada salmon segala lho! Jarang-jarang deh nemu menu salmon kalo bukan diadain di hotel.

Menu yang lainnya kok saya lupa ya. Hahahaha. Antara udah kekenyangan sama makanan di Nabilla atau memang udah keburu lupa sangking udah beberapa waktu yang lalu perginya 😀

Sambil mencoba makanan, kami dilayani oleh marketer-nya (yang saya lupa namanya lagi hehehe). Tidak lama datanglah sang owner yaitu Pak Widi. Pak Widi ini cukup luwes dalam melayani kustomer-nya. Dan Beliau pun agak persuasif juga.

Kami sempat ditawari bonus plus-plus kalau langsung membayar booking fee saat itu juga. Namun karena kami baru saja mencoba dua tempat kok rasanya gegabah sekali ya kalau langsung membayar. Jadilah kami tolak dengan halus.

Oh iya, di Wifa ini juga pakaian dan make-up-nya hanya ada satu vendor (saya lupa lagi namanya hahaha).

Penilaian sementara: Mungkin saya tidak pakai Wifa Catering karena pertimbangan harga yang belum cocok (ditambah lagi belum termasuk sewa gedung) dan juga vendor riasan yang hanya ada satu saja.

NENDIA PRIMARASA CATERING

Berbeda dengan catering sebelumnya, Nendia Primarasa merupakan catering yang saya hubungi sendiri (bukan mama yang cari).

Jadi setelah dapat brosur rekanan catering saya e-mail satu-satu vendor untuk minta price list dan juga tanya kapan ada jadwal test food. Kebetulan banget Nendia Primarasa ini ngadain acara test food di tempat yang sama dengan acara pernikahan saudara saya. Jadilah saya dan mama sekalian pergi.

Acara diadakan di Wisma Antara. Sebelum masuk ke acara pesta, kami masuk dulu ke acara test food. Hari itu ramai sekali pasangan yang datang sampai kami tidak dapat tempat duduk.

Walaupun begitu, saya dan mama udah siap langsung cobain makanan yang sudah disediakan. Rasanya cukup enak dan cocok dengan selera kami.

Selesai makan pun kami ketemu dengan marketer-nya dan dapat penawaran harga. Dari paket yang ditawarkan ternyata harga dan penawaran paketnya bersaing dengan Nabilla Catering, dan juga sama-sama sudah meng-cover biaya sewa gedung.

Setelah dari acara test food kami pun langsung masuk ke dalam ruangan untuk menghadiri pernikahan saudara. Yang cukup mengejutkan adalah saat mencoba makanan di acara, ternyata rasanya saat test food sangat berbeda.

Ini bakalan jadi PR buat kami untuk selalu mengecek konsistensi rasa dari catering. Dan kayaknya sesekali harus coba makanan yang di dalam acara deh. Hehehehe.

Penilaian sementara: Agak sedikit ragu dengan konsistensi rasanya. Mungkin kami akan coba beberapa kali test food lagi.

CHIKAL CATERING

Sama seperti Nendia Primarasa, saya juga dapat informasi Chikal dari brosur rekanan gedung. Dan e-mail saya pun dibalas sehingga kami janjian untuk melakukan test food di Gedung Pertanian, Ragunan.

Cuma satu kata pas dateng ke acara test food-nya. Speechless.

Kami sempat kebingungan untuk masuk ke dalam tempat test food. Karena ternyata harus menerobos masuk ke dalam area yang sedang mengadakan acara pernikahan. Kami jadi tidak enak karena pakai pakaian yang tidak resmi.

Dengan muka tebel, kami pun masuk (iya, ngelewatin meja tamu dan gak isi buku tamu apalagi masukin angpao!). Saat ketemu tempatnya, ternyata hidangan belum siap dan tidak ada orang dari catering yang bisa ditanya. Akhirnya kami menunggu…. sambil berdiri.

Yup, hanya disediakan 1 meja bundar dan 4 kursi. Padahal yang dateng saya lihat cukup banyak. Kesan saya pada saat itu hanya, “ini niat gak sih bikin test food-nya?”.

Hebohnya lagi saat makanan sudah datang, ada lho tamu acara yang ikutan makan di area ini. Mungkin dia sudah lapar dan acara belom mulai. Walaupun sebeneranya sudah ada tulisan area test food, yaaa namanya juga orang ignorant, tetep dihajar aja hahahaha.

Seharusnya pihak catering sudah mengira hal ini dan menaruh area test food di tempat yang tidak berdekatan dengan area acara. Dan yang bikin saya tambah dongkol adalah marketer di lapangan kurang bisa menjelaskan apalagi memberikan jawaban yang memuaskan. Sehingga kami diminta untuk datang ke kantor karena marketer yang hadir cuma untuk jaga di lapangan. Duh!

Di samping saya ada seorang wanita yang celetuk yang mungkin dia melihat saya dongkol seakan mau makan marketer-nya, “Memang Chikal awalnya terlihat seperti gak peduli seperti itu. Tapi pelayanan mereka bagus kok. Kakak saya pakai Chikal juga, makanya saya juga pakai untuk pernikahan saya”.

Okelah lupakan soal pelayanan yang gak bagus (kalau kata saya). Cuma mau info aja, bahwa menurut mama saya makanan yang disajikan Chikal ternyata yang paling enak dibandingkan catering-catering lain yang pernah kami coba.

Penilaian sementara: Agak males ya kalau harus ke kantornya dulu. Cuma belum tau nih kalau menurut mama saya perlu ke kantornya atau tidak. Tapi yang pasti rasa makanannya sudah mama saya suka.

PERMATA CATERING

Karena waktu yang bertepatan dengan bulan puasa, kegiatan hunting catering saya setiap minggu akhirnya bener-bener stop. Sampai akhirnya ada undangan dari Permata Catering untuk menghadiri acara buka puasa bersama sekaligus test food.

Asyiiik! Jadi gak terlalu mandeg progress-nya.

Acara bertempatan di kantor Permata Catering di daerah Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Pas kami datang, pas juga bedug berbunyi. Saya yang dilayani oleh Mbak Mira, marketer Permata Catering langsung diajak untuk membuka puasa dengan hidangan yang sudah tersedia.

Alamak, menu yang disajikan sangat beragam. Bahkan menu-menu buka puasa juga banyak. Saya dan mama langung coba beberapa hidangannya. Kami sepakat bahwa masakan yang disajikan Permata memang enak.

Yang tambah asyik lagi, harga Permata ini bener-bener miring! Sampai-sampai mama curiga apakah benar miring? Ketakutan mama wajar, karena jangan sampai mengejar harga yang murah tapi kualitasnya gak bagus.

Kalau dengar semua penjelasan dari Mbak Mira sih bener-bener perfect banget. Sewa gedung udah termasuk, riasan juga banyak pilihan, paket cukup lengkap, dan semuanya bener-bener yang kita butuhin.

Penilaian sementara: kami tetep mau coba test food beberapa kali lagi untuk memastikan rasa dan kualitas. Sekaligus pengen lihat tampilan dekor dan make-up di acara orang.


Itulah beberapa vendor catering yang sudah kami datangi dan lakukan test food.

Jujur saja proses ini benar-benar melelahkan karena dituntut untuk detail dan aktif bertanya kepada marketer-nya. Supaya kita tidak rugi dan benar mendapatkan apa yang kita inginkan.

Berikut adalah beberapa tips saat datang ke acara test food yang diadakan catering:

  1. Jangan lupa baca penawaran sebelum bertemu dengan pihak catering. Buat list pertanyaan dan bawa stabilo atau pulpen.
  2. Saya juga melakukan perbandingan di excell tentang penawaran yang diberikan oleh catering. Gunanya untuk memudahkan kita membaca kelebihan dan kekurangan pada catering.Catering Pernikahan Jakarta

    Contoh Perbandingan Penawaran Catering

  3. Rajin-rajin juga baca review sesama calon pengantin supaya tahu kira-kira apa yang harus diperhatikan tentang catering tersebut.
  4. Kalau bisa dan waktunya gak mepet, jangan pergi ke dua acara test food dalam satu waktu. Minimal 1 kali saat acara siang dan 1 kali saat acara malam. Terkadang perut sudah begah dan gak objektif saat mencoba rasanya.

Perjalanan ini masih panjang, namun yang paling menentukan. Apalagi saya harus minta acc orang tua sebelum memutuskan. Doakan semoga segera mendapatkan catering yang terbaik ya!

Sampai jumpa di cerita persiapan acara pernikahan saya selanjutnya!

5 thoughts on “Mencari Catering

Terima kasih telah membaca blog post ini. Silahkan meninggalkan pesan yang sopan dan tidak mengandung SARA. Komentar tidak sesuai dengan aturan dan juga menaruh link hidup akan dimoderasi.

