Chikal Catering

Chikal Catering: 1st Visit dan Pre Event

Dua bulan berlalu dari hari pernikahan. Saya ingin sekali membuat review pernikahan supaya dapat membantu calon pengantin lain dalam memilih vendor-vendor yang akan dipakai di hari bahagia mereka.

Pertimbangan saya dalam memilih vendor adalah budget dan kualitas. Budget tentu jadi pilihan pertama, karena kalau tidak menyesuaikan budget sudah pasti akan berlebihan dan cenderung menghambur-hamburkan uang.

Sedangkan kualitas juga penting, karena saya cari bukan yang murah, tapi terjangkau dengan kualitas yang bagus. Beberapa kali saya perhatikan ada orang yang mementingkan murahnya daripada kenyamanan acara. Saya tidak mau itu.

Seperti yang sudah saya tuliskan di awal postingan saya mencari vendor berupa paket. Setelah mencari gedung (baca: Tips Memilih Gedung Pernikahan), lalu saya dan orang tua mulai gerilya mencari catering.

Catering sendiri memiliki banyak jenis penawaran, dimulai dari yang hanya jasa catering saja, sampai yang lengkap sampai busana dan rias.

Dengan beberapa pertimbangan, akhirnya saya dan orang tua sepakat memilih Chikal Catering sebagai vendor pernikahan saya.

KUNJUNGAN AWAL KE CHIKAL CATERING

Setelah mencoba rasa makanan di acara test food dan juga sudah mendapatkan penawaran harga dari salesnya, kami pun pergi ke kantor Chikal di daerah Cilangkap, Jakarta Timur. Menurut salesnya kalau mau menawar bisa langsung bertemu dengan owner-nya, yaitu Ibu Sri.

Dikunjungan perdana saya, saya tidak bertemu dengan Ibu Sri karena belum janjian dulu. FYI, Ibu Sri ini sibuk banget, jadi ada baiknya janjian dulu sebelum ke kantornya. Akhirnya saya hanya mencoba makanan yang memang disediakan di kantornya, plus cobain baju pengantin.

Kok bisa cobain baju pengantin? Saya juga bingung, padahal kita belum deal, apalagi bayar DP. Tapi cuek aja coba dan booking baju, supaya baju pilihan gak diambil orang lain. Oh iya, kita diperbolehkan 2 kali ganti pilihan baju nikah.

Chikal Catering
Langsung pilih baju ini sejak pertama kali coba

Setelah itu kami pulang dan buat janji dengan Ibu Sri di lain hari.

Saat kami datang yang kedua kalinya, akhirnya bertemu dengan Ibu Sri secara langsung. Cukup kaget juga karena Ibu Sri masih kelihatan muda dengan logat Jawa halusnya yang kental.

Dan menurut saya Ibu Sri ini tipe wanita Jawa yang sederhana, sopan, baik, dan kerja keras. Bayangin, Beliau sendiri yang meladeni semua tamu satu-satu. Tentunya didampingi dengan beberapa asisten. Asistennya yang justru menurut saya terkadang agak tidak sabaran sehingga saya terkadang merasa mereka kurang respect sama kami. Ah sudahlah, cuekin aja. Yang penting Bu Srinya baik πŸ˜€

Oh iya, kami coba nego biaya tapi tidak bisa. Akhirnya dengan biaya yang sama kami ditambahkan beberapa tambahan yang cukup lumayan.

Setelah itu kami masih beberapa kali bolak balik ke Chikal untuk nego lagi sekaligus fitting baju. Yes, sampai situ kami belum bayar DP lho. Tapi sudah diperbolehkan fitting baju.

Karena memang Chikal tidak menentukan waktu pasti jumlah pembayaran. Term pembayaran Chikal adalah DP 10%, sampai seminggu sebelum hari H total pembayaran sudah harus 90% (berarti bayar sisa 80%-nya), lalu 10%-nya lagi setelah acara berlangsung. Pokoknya fleksibel dan tidak memberatkan.

CHIKAL DAN VENDOR LAIN

Chikal termasuk jasa catering all in one. Maksudnya adalah mereka memberikan paket pernikahan dengan lengkap. Dimulai dari catering, busana, rias, entertainment, dekorasi, dan juga foto & video.

Chikal hanya memiliki jasa catering, dekor, busana, dan rias. Sedangkan yang lainnya merupakan vendor lain yang bekerja sama dengan Chikal.

Hal ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya saya gak perlu lagi repot-repot cari vendor lain. Semuanya sudah satu paket, dan bayarnya pun cukup satu pintu. Semua ke Chikal.

Kekurangannya adalah, Chikal termasuk catering yang agak β€œsantai” menghadapi konsumennya. Jadi sampai H-1 bulan kami masih belum dikabari kapan technical meeting-nya, saya kasih list lagu ke siapa, dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Karena keluarga saya baru sekali ini mengadakan pesta pernikahan, maka kami bingung dan khawatir. Efeknya saya bolak balik menanyakan ke Chikal bagaimana prosedurnya. Katanya pihak vendor akan menghubungi kami langsung. Dan saya jadi makin deg-degan (plus keki) karena dalam jangka sebulan acara kok belum di telpon-telpon.

Sampai akhirnya saya inisiatif tanya nomor telepon PIC masing-masing vendor. Ya, itu dia kekurangannya saya harus menghubungi mereka satu-satu. Bayarnya jadi satu, tapi urusan kerjaan tetap tanya langsung ke masing-masing vendor. Hmmm, saya berusaha maklum, karena memang Chikal bukan jasa wedding organizer.

TECHNICAL MEETING

Beberapa minggu sebelum hari H, saya ditelpon Chikal untuk menanyakan jadwal technical meeting. Setelah konfirmasi ke gedung, kami sepakat technical meeting 2 minggu sebelum acara.

Sebelum technical meeting kami sempat beradu argumen dengan pihak Chikal. Sepupu saya yang bekerja di jasa WO mengingatkan saya untuk mengundang semua vendor hadir ke gedung. Alasannya adalah setiap vendor harus kenal dengan medannya alias kondisi gedung. Kameramen harus lihat gedung sebesar apa, jadi tahu harus bawa lensa apa atau ambil gambarnya dari mana. Pihak entertainment harus tahu watt gedung berapa. Dan juga vendor-vendor lainnya.

Chikal Catering

Namun Chikal hanya membawa orang catering dan dekor saja, dengan alasan kalau mengundang vendor lain harus bayar (errr…). Saya sempat kekeuh untuk undang semua, namun orang tua mengingatkan untuk tidak terlalu keras kepala, dan ikuti saja kemauan catering.

Dan ternyata hasil dari technical meeting terbukti pada saat acara. Hal ini akan saya share di postingan selanjutnya ya. Soalnya panjang! Hahahaha.

TIPS MENGGUNAKAN JASA CHIKAL

Dengan pengalaman yang saya dapat, maka ini adalah tips saya ketika ingin dan akan menggunakan jasa Chikal Catering:

  • Coba dulu masakan Chikal saat mengikuti Test Food. Telpon ke nomor 021 84596430 atau email ke chikalsjsp@yahoo.com untuk menanyakan jadwal test food.
  • Infokan gedung pernikahan yang dipilih dan tentukan jumlah undangan untuk mendapatkan harga penawaran.
  • Sebelum ke kantor Chikal, baiknya membuat janji terlebih dahulu. Khususnya jika ingin bertemu dengan Bu Sri.
  • Rajin tanya ke kantor apakah kantor buka di hari libur. Karena Chikal buka hanya saat weekend dari pagi sampai jam 8 malam. Namun saat-saat tertentu mereka membuka kantornya saat hari libur.
  • Minta selalu list apa saja yang sudah diapprove Bu Sri melalui e-mail. Agar ada bukti deal tambahan-tambahan.
  • Saat antri di kantor, tips saya hanya sabar. Karena sangking ngetopnya catering ini, pasti bakal melihat antrian yang panjang. Biar tetap asyik, sambil cobain makanan yang disuguhkan aja πŸ™‚

Itu dia informasi dari saya mengenai Chikal. Karena terlalu panjang, saya akan membuatkan postingan lanjutan tentang review Chikal Catering selama acara pernikahan di post tersendiri.

Di akhir kata, saya mau kasih tau kenapa saya milih Chikal di antara semua catering lainnya? Alasan utamanya adalah karena masakannya yang enak banget. Kalau kalian pada main ke kantornya, jangan lupa cobain snack risol smoke beef-nya ya πŸ˜‰

3 thoughts on “Chikal Catering: 1st Visit dan Pre Event

    • Hai Mbak. Untuk pricelist bisa langsung email ke Chikal saja. Mereka balas cepat kok. Dan harga bisa beda-beda tergantung pax dan juga gedung. Terima kasih sudah mampir ya πŸ™‚

      Like

Terima kasih telah membaca blog post ini. Silahkan meninggalkan pesan yang sopan dan tidak mengandung SARA. Komentar tidak sesuai dengan aturan dan juga menaruh link hidup akan dimoderasi.

