Seserahan Pernikahan

Mempersiapkan Seserahan Pernikahan

Halo Para Calon Pengantin!

Bagaimana persiapannya?

Kali ini saya mau sharing pengalaman saya mempersiapkan seserahan pernikahan di tahun lalu (2016). Simak yaaa untuk tahu informasi apa saja barang seserahan itu dan juga dimana saya menghias seserahan tersebut!

Sejak saya dan (calon) suami beserta keluarga sepakat merencanakan pernikahan, mama sudah mengingatkan saya untuk mulai menyicil seserahan.

Jujur saja saya bingung seserahan itu apa dan buat apa. Sampai akhirnya saya cari tahu, ternyata ini semacam barang-barang yang dihadiahkan oleh pengantin, baik untuk istri maupun suami.

Aha! Kesempatan gw nih minta-minta barang ke calon suami 😀

Hehehe kenyataannya gak gitu juga sih, soalnya kan kita masing-masing saling menghadiahi satu sama lain. Yang terpikir oleh saya adalah minta dibelikan barang yang tentunya akan berguna buat saya.

Ada berbagai macam jenis seserahan, seperti perlengkapan ibadah, pakaian, sepatu, tas, kosmetik, buah-buahan, dan lainnya. Trus saya pernah baca juga katanya jumlah hantarannya harus dalam jumlah ganjil (kalau saya sih boksnya yang ganjil, isinya mah bebas).

Yah, saya sih ikut-ikut aja. Hehehehe karena nanya mama pun juga bingung. Kita soalnya gak pakai adat apa-apa. Akhirnya dengan browsing sana-sini, berikut adalah isi seserahan baik dari pihak wanita maupun pria versi saya.

ISI SESERAHAN

Seserahan Pernikahan

Seserahan dari pria ke wanita:

  • Sepatu
  • Tas
  • Perlengkapan Shalat & Al – Quran
  • Perlengkapan Mandi (Sabun dan Handuk)
  • Selimut
  • Pakaian Dalam & Baju Tidur
  • Kosmetik

Seserahan dari wanita ke pria:

  • Perlengkapan Shalat & Al – Quran
  • Sepatu
  • Pakaian
  • Pakaian Dalam
  • Perlengkapan Mandi

Nah kalau seserahan ini harus beli gak sih semuanya? Kalau saya sih engga. Ada beberapa barang yang memang disimpan mama saya, juga dikasihkan ke saya sebagai seserahan suami. Begitupun sebaliknya.

Menurut saya seserahan pun sebenarnya hanya bentuk adat kebiasaan di Indonesia. Jika mau, silahkan. Jika memberatkan sebaiknya tidak usah dipaksakan. Makanya ada beberapa barang pun yang sebenarnya hadiah belum saya pakai, dimasukkan ke dalam seserahan hehehe.

MERIAS SESERAHAN DI CIKINI

Sekarang tinggal urus merias seserahannya. Ada orang yang memang apik dan pintar menghias kotak seserahan. Kalau saya sih gak bisa, jadi lebih baik cari orang ahlinya.

Sejak awal saya sudah menentukan di Cikini Gold Center lah untuk merias kotak seserahan.

Lho? Bukannya ini tempat beli emas dan cincin kawin?

Iya, bener. Saya justru tau tempat ini pas beli cincin kawin di Suki, Cikini Gold Center. Ternyata di lantai atas ada banyak tempat untuk membeli kotak hantaran, menghias mahar, kotak seserahan, dan juga bisa sekalian menghiasnya.

Setelah muter-muter berdua sama mama, saya memilih untuk membeli kotak seserahan serta menghiasnya di Yayang Parcel.

Seserahan Pernikahan

Yayang Parcel ini buka di Hari Sabtu dan Minggu. Saya sih kesananya pagi, sekitar jam 10an.

Di sini ada berbagai macam kotak seserahan. Harganya pun bervariasi. Kalau sewaktu mengerjakan seserahan saya biayanya adalah:

  • Kotak Seserahan (isi 4 box dengan 4 macam ukuran): Rp 125.000,-
  • Biaya jasa menghias kotak seserahan dan isinya (biasa): Rp 35.000,- per kotak
  • Biaya jasa menghias kotak seserahan dan isinya (peralatan sholat/selimut): Rp 40.000,- per kotak

Seserahan Pernikahan

Kalau mau lebih banyak hiasan silahkan pilih pita, tapi tentu akan dikenakan charge lagi.

Gimana? Biayanya lumayan ya kalau kita ada banyak juga kotak seserahannya. Saya mengakalinya hanya beberapa kotak seserahan saja yang dihias, seperti peralatan sholat dan juga selimut. Sisanya dihias sendiri atau ala kadarnya, toh kotak yang kami beli pun sudah bagus bentuknya.

Seserahan Pernikahan

Seserahan Pernikahan

Selesai bayar, kita nanti nego kapan pengerjaan selesai. Jangan lupa buat tanda terima, atau kalau saya sih foto semua barang per boks-nya. Supaya nanti ingat apa saja barang yang kita serahkan.

Karena saya penasaran, saya tungguin beberapa boks yang sedang dihias. Lucu-lucu deh modelnya. Bener-bener kreatif hasilnya. Salah satunya seperti kotak seserahan saya yang berisikan pakaian dalam. 😀

Seserahan Pernikahan
Yang burung itu adalah pakaian dalam, yang bunga adalah daster. Kreatif ya!
Seserahan Pernikahan
Tebak kucingnya terbuat dari apa?

YAYANG PARCEL

Cabang Cikini Gold Center
087820661686, 085780664958

PS: Semua informasi di atas berdasarkan pengalaman pada saat Bulan Oktober 2016

Terima kasih telah membaca blog post ini. Silahkan meninggalkan pesan yang sopan dan tidak mengandung SARA. Komentar tidak sesuai dengan aturan dan juga menaruh link hidup akan dimoderasi.

